Search This Blog

Sunday, April 1, 2012

Yang Telah Terjadi Itulah Memori

Apa itu memori? Seringkali kita menyebutnya namun apakah Anda sadar makna yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu kita semua dapat mengartikan arti kata "memori" dalam diri kita masing-masing. Memori bersifat lampau dan tak dapat di ulang untuk kedua kalinya. Memori adalah kejadian masa lampau dalam perjalanan hidup manusia yang terekam oleh pengingat otak. Memori pada manusia tak terbatas, pada umumnya memori ada yang berkesan dan tidak berkesan.

Memori merupakan bagian dari penyusun unsur manusia dari sifat, selain dari ruh dan jasad. Memori yang berkesan biasanya mengarah kepada sesuatu indah yang pernah terjadi sebelumnya pada kehidupan. Entah mengapa memori yang buruk dalam kehidupan juga berkesan namun penuh dengan kesan penyesalan. Untuk apa menyesal padahal itu akibat dari ulah sendiri yang tak disadari akibat ego pada diri manusia. Berani berbuat berani bertanggung jawab, semua yang telah terjadi tak perlu untuk disesali. Dunia yang kita tempati sekarang terlalu rugi untuk disesali, apalagi penyesalan itu datang di kemudian hari. Memang tak mudah untuk menjalani hidup, namun pantaskah kita tak menikmati semua ini. Mengapa harus mengisi memori dengan penyesalan dan penderitaan, sedangkan dibalik kesulitan pasti ada kemudahan.

Setiap orang punya rencana, setiap orang punya tujuan. Apa yang kita tuju, apa yang kita rencanakan. Mengapa harus berpikir sempit sedangkan memori kita tak terbatas. Mengapa memori harus di isi dengan kesan masa lalu. Memori dapat di isi dengan rencana untuk masa depan. Jadikan masa lalu sebagai bagian dari pembelajaran untuk masa depan, biarlah itu berlalu namun bukan berarti kita harus larut dengan penyesalan dan keputus-asaan. Buatlah sebuah keputusan, kegagalan tak berarti apa-apa tanpa adanya kepercayaan akan keberhasilan. Bukan tujuan kita untuk berhasil, namun kita di tuju untuk berusaha agar berhasil.

Jalankan masa sekarang, namun arahkan semua itu kepada tujuan. Rasakan lebih dulu keberhasilan sebelum keberhasilan itu nyata. Terus dan terus berusaha dan berserah hanya itu jalan yang terbaik. Memori dapat menyimpan apa pun dalam kehidupan kita. Keaadaan sekarang lebih baik dari sebelumnya itu memang benar terbukti, namun kebanyakan dari kita tak menyadari semua itu. Syukuri apa yang ada karena memang itulah yang kita perlu. Keinginan hanya sebatas keinginan di mana kita mampu mewujudkan setelah terpenuhi apa yang dinamakan keperluan.

Isilah memori dengan tujuan sebelum masa lampau terjadi. Memang kesempatan tak datang dua kali, tetapi kesempatan itu sering terjadi dengan beraneka ragam bentuk memori kehidupan yang tak di sadari. Apa yang telah tejadi bukan untuk disesali meski berkesan buruk. Namun untuk disyukuri itulah jalan yang terbaik. Kebaikan pasti dibalas kebaikan selama hati kita ikhlas dalam berbuat baik.

No comments:

Post a Comment